Senin, 25 Juli 2011

Kue Pepe Mangkuk

Resep Kue Basah Pepe Mangkuk


Bahan: 
- 250 ml santan, dari 2 butir kelapa
- 12 lembar daun jeruk
- 4 lembar daun pandan, ikat
- 600 gram gula pasir
- 1 sdt garam
- minyak untuk olesan
- 500 gram tepung kanji
- 100 gram tepung beras
- 5 tetes pewarna makanan warna hijau
- 5 tetes pewarna makanan warna merah

Cara Membuat:
1. Masukkan santan dalam panci, tambahkan daun jeruk, daun pandan, gula dan garam ke dalamnya. Jerang diatas api sedang, timba-timba santan hingga mendidih (jangan sampai pecah), angkat, sisihkan.
2. Didihkan air dalam dandang. Olesi 24 buah mangkuk kecil ukuran 50 ml dengan minyak goreng, masukkan kedalam dandang, biarkan hingga panas. Sementara itu, taruh tepung kanji dan tepung beras dalam wadah, tuangi santan hangat sedikit demi sedikit ke dalamnya sambil diaduk hingga adonan tercampur rata dan licin.
3. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Bubuhkan pewarna hijau pada 1 bagian adonan, pewarna merah pada adonan yang lain, dan 1 bagian adonan lagi biarkan berwarna putih.
4. Tuangkan 1 sdm adonan merah ke dalam setiap cetakan di dalam dandang, tutup dandang dengan tutup yang telah dibungkus serbet/kain bersih. Kukus selama kurang lebih 3 menit, buka tutup dandang. Tuang 1 sdm adonan putih diatas adonan merah, kukus lagi selama kurang lebih 3 menit. Ulangi melapis dengan 1 sdm adonan hijau dan terakhir dengan 1 sdm adonan merah.
5. Teruskan mengukus selama 15 menit hingga seluruh kue matang. angkat. Biarkan kue hingga agak dingin, keluarkan dari cetakan.

Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Source: http://www.sedapsedap.com/

1 komentar: